DESA KLITIH GELAR TAHAPAN PILKADES

  • Sep 11, 2023
  • Agus Cahyono

Pemilihan Kepala Desa (pilkades) Desa Klitih Kecamatan Karangtengah Kabupaten Demak sudah memasuki tahapan paling krusial. Senin (04/09/2023), Panitia pilkades Desa Klitih menggelar rapat pleno Penetapan calon kepala desa klitih, Penentuan  nomor urut tanda gambar, Penyampaian Visi Misi Dan Deklarasi Damai Calon Kepala Desa Klitih di Gedung Olahraga Desa Klitih Kecamatan Karangtengah Kabupaten Demak. Rapat Pleno dihadiri oleh seluruh Panitia Pilkades, Pengawas Pilkades, 2 (dua) calon Kepala Desa, Forkompimcam (Plt.Camat Karangtengah, Kapolsek Karangtengah, Danramil Karangtengah), BPD, LPMD, RT, RW, Tokoh masyarakat desa Klitih dan tim pemenangan masing-masing calon kepala desa.

Pilkades Desa Klitih tahun 2023 kali ini diikuti 2 calon yakni Firdos dan Ali Maksum,S.Pd.I. Kedua calon akan berkompetisi dalam ajang pilkades serentak yang akan dilaksanakan Minggu, 8 Oktober 2023 mendatang.

Plt. Camat Karangtengah Kabupaten Demak yang diwakili oleh Sekretaris Kecamatan Karangtengah, Anwar Masdari, S.I.P., M.M. dalam sambutannya mengatakan bahwa hari ini adalah tahapan penetapan, dari bakal calon menjadi calon kepala desa, pengundian nomor urut calon kepala desa yang akan dicantumkan pada kartu suara dan penyampaian visi misi dilanjutkan dengan deklarasi damai antara kedua calon. Anwar Masdari,S.I.P., M.M. berharap pilkades kali ini berjalan sukses tanpa ekses.  

“Setelah ditetapkan menjadi calon kades maka ada aturan yang harus ditaati oleh para calon, semua sudah dituangkan dalam tata tertib yang sudah disusun dan ditetapkan oleh panitia..Panitia harus melaksanakan tahapan demi tahapan pilkades secara professional”, Imbuhnya.

Ketua penjaringan dan penyaringan calon Kades, Agus Cahyono, membacakan berita acara penetapan bakal calon Kades menjadi calon Kades dan dilanjutkan penjelasan teknis tahapan pengundian nomor urut. Mekanisme pengundian ada 2 segmen, yaitu pengambilan nomor undi dan selanjutnya pengambilan nomor urut.

Ketua Panitia, saat memberikan pengarahan kepada kedua calon mengharapkan agar pilkades desa Klitih damai, tentram, tenang dan tidak ada permasalahan dari awal pelaksanaan sampai tahapan pilkades selesai.

Adapun hasil pengundian nomor urut calon Kepala Desa tahun 2023-2029 sebagai berikut :

Nomor urut 1 yakni Firdos (incumbent)

Nomor urut 2 yakni Ali Maksum,S.Pd.I.

Setelah pengambilan nomor urut, dilanjutkan dengan penyampaian visi misi oleh kedua calon secara berurutan. Kemudian dilanjutkan pembacaan deklarasi damai antar kedua belah pihak.

Sebagian besar warga Klitih ikut menyaksikan dan memeriahkan giat tersebut. Giat tersebut berlangsung dengan aman, tertib, lancar dan terkendali.